Astro 24 UNAIR Sukses Meraih Juara III Kontes Robot Indonesia 2024

Astro 24 UNAIR Sukses Meraih Juara III Kontes Robot Indonesia 2024

NYALANUSANTARA, Surabaya – Kontingen mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR), tim Astro 24, berhasil meraih Juara III dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) 2024. Acara tahunan yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional tersebut diadakan di Universitas Muhammadiyah Surakarta dari Senin hingga Jumat (1-5/7/2024).

Tim Astro 24 terdiri dari mahasiswa Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan (TRKB) Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) UNAIR, yaitu Affa Ndaru Rabbany Wijaya, Wisnu Imam Satrio, Zinadine Zidan Alsyahana, dan Stevanus Saut Hamonangan Gultom sebagai tim inti.

Manajer tim adalah Jasmine Adlina Hapsari, dengan anggota tim support Jeffrey Nobel Martin, Wildan Fauzi, Muhammad Jundi Al Ghifari, dan Khalisa Zahra Maulana.

Dekan FTMM, Prof Dr Dwi Setyawan, SSi MSi Apt, mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi ini.

"Prodi TRKB ini adalah salah satu program studi yang implementatif untuk menjawab tantangan ke depan. Robot yang diciptakan ini sebagai hasil belajar menjawab tantangan ke depan. Jadi, alhamdulillah, adik-adik ini sudah menunjukkan hasil pembelajaran," ujarnya.

Dalam kontes tersebut, tim Astro 24 bersaing pada divisi Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) dengan tema permasalahan sampah. Mereka menciptakan dua robot, Apin dan Acil, yang masing-masing memiliki fungsi khusus.

Apin, robot autonomous, dilengkapi dengan kamera untuk mendeteksi dan memilah sampah berdasarkan jenisnya. Sedangkan Acil adalah robot manual yang digunakan untuk mendistribusikan sampah.


Editor: Admin

Terkait

Komentar

Terkini