Tahapan Pemulangan Jemaah Haji Gelombang Pertama Berakhir

Tahapan Pemulangan Jemaah Haji Gelombang Pertama Berakhir

NYALANUSANTARA, Jeddah- Fase pemulangan jemaah haji Indonesia Gelombang I berakhir, Kamis (4/7/2024). Rombongan terakhir gelombang I tersebut jemaah haji kelompok terbang (kloter) 42 Embarkasi Solo (SOC 42). Sebanyak 360 jemaah terbang dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah pukul 01.30 Waktu Arab Saudi (WAS).

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri pada Ditjen PHU Kemenag RI Subhan Cholid mengungkapkan hal itu, saat melepas kepulangan jemaah SOC 42 di Paviliun D 4 Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

"Alhamdulillah saat ini kita sudah di tahap akhir untuk pengiriman jemaah haji gelombang pertama, dengan melepas Kloter Terakhir yakni SOC 42 yang berisi jemaah haji asal Kota Semarang dan Kab. Kendal Jawa Tengah, dan diberangkatkan pada pukul 1.30 WAS dini hari. Kita doakan bersama semoga perjalanannya diberkahi keselamatan sampai tiba di tanah air dan berkumpul kembali dengan keluarganya dan membawa haji yang mabrur," ungkap Subhan. 

Turut hadir dalampelepasan itu, Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab, Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Nasrullah Jasam, Sekretaris Daker Bandara Asep Rohadian, dan para petugas haji Daker Bandara.

Fase pemulangan jemaah haji Indonesia gelombang I berlangsung sejak 22 Juni 2024. Ada 229 kloter yang pulang ke Tanah Air pada fase ini, sebanyak 183 kloter terbang dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah dan 46 kloter berangkat dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. Fase pemulangan gelombang I ini berlangsung hingga 4 Juli 2024.

“Total ada 88.936 jemaah haji Indonesia yang telah kembali ke Indonesia pada fase pemulangan gelombang I,” sebut Subhan.

“Dengan begitu, saat ini tersisa jemaah haji gelombang dua yang sebagian besar telah didorong dari Makkah ke Madinah. Sebagian lainnya masih berada di Makkah sambil menunggu jadwal pendorongan ke Madinah sebelum dipulangkan ke Tanah Air,” imbuhnya.


Editor: Redaksi

Terkait

Komentar

Terkini