Beternak Itu Menyenangkan. Begini Kiat Praktisi Hewan untuk Peternak Pemula

Beternak Itu Menyenangkan. Begini Kiat Praktisi Hewan untuk Peternak Pemula

NYALANUSANTARA, Ungaran- Peternak adalah profesi yang keren dan membanggakan, tetapi hal itu sering tidak disadari para pelakunya. Halitu diungkapkan oleh drh. Mukhlas Yasi Alamsyah, praktisi peternakan hewan besar di tengah para peternak pada seminar Kiat Bisnis Kambing dan Sapi yang Menguntungkan di Indonesia.

"Selama ini di kalangan peternak sangat jarang menyantumkan kata peternak pada kolom pekerjaan di KTP dan cukup ditulis 'swasta' saja," kata drh Mukhkas.

Seminar itu diadakan di Dreamlight World Media (DWM), Selasa 25 Juni 2024, diikuti oleh para peternak pemula sampai pelaku lama. Acara ini diprakarsai PT. Eka Farma Semarang pelopor produsen obat dan pakan hewan di Indonesia.

"Hambatan dan tantangan pasti akan selalu ada, tetapi itu bukan jadi penghalang, jadi sebenarnya beternak itu menyenangkan," lanjut dokter hewan lulusan Unair Surabaya ini.

Lalu apa tips untuk menjadi peternak pemula memulai agar usahanya menjadi besar dan tahan banting?

Menurut Mukhkas, harus diingat, profesi peternak sangat prospektif di masa depan, "Kiatnya pelajari ilmunya dengan utuh, persiapkan mental, segera mulai usaha peternakannya, selalu konsultasi dengan dokter hewan apabila ada masalah dan yang paling penting perluas jaringan untuk memperkuat bagian marketing nya," ujar Mukhkas.

Sependapat dengan drh. Mukhlas Yasi Alamsyah, Direktur Utama PT Eka Farma, Eko Nugroho, MBA mengatakan, "Perlu diketahui para peternak, bahwa ke depan dengan banyaknya gejolak ekonomi dan munculnya pandemi baru justru, desa lah yang mempunyai ketahanan lebih dari perkotaan karena didukung adanya pertanian dan peternakan, sebab itu Eka Farma terus mendukung para peternak agar sejahtera di desa melalui produk obat hewan dalam negeri," kata Eko Nugroho.
 


Editor: Redaksi

Terkait

Komentar

Terkini