Bupati Purbalingga Minta Petani Pakai Pupuk Organik Guna Tingkatkan Kualitas Tanah

Bupati Purbalingga Minta Petani Pakai Pupuk Organik Guna Tingkatkan Kualitas Tanah

NYALANUSANTARA, Purbalingga- Para petani di Kabupaten Purbalingga, diimbau Bupati Dyah Hayuning Pratiwi untuk mulai menggunakan pupuk organik. Hal itu dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas tanah demi produktivitas pertanian jangka panjang.

Bupati Purbalingga menyampaikan hal itu dalam acara Bupati Sambang Tani Kecamatan Bobotsari di Desa Pekuncen, Rabu (10/7/2024). 

“Pelan-pelan, Pak, mungkin tidak simultan langsung sepenuhnya pindah ke pupuk organik akan tetapi paling tidak secara bertahap konsumsi pupuk kimia secara perlahan dikurangi digantikan pupuk organik,” ucap Bupati Tiwi.

Menurut Tiwi, meskipun pupuk organik tumbuh kembangnya tak secepat pupuk kimia, akan tetapi memiliki dampak berkelanjutan dalam mengembalikan kesuburan tanah. Disamping itu, pertanian dengan sistem organik memberi nilai tambah khususnya bagi konsumen peminat komoditas organik.

“Biasanya komoditas pertanian organik mahal, karena mindset masyarakat sekarang beralih makanan sehat, yang tentunya berasal dari komoditas yang melalui proses yang organik,” sambungnya.

Tiwi mengungkapkan dirinya mendapati, segelintir kelompok tani di Purbalingga sudah menggunakannya bahkan memproduksi pupuk organik sendiri. Bagi yang sudah mampu memproduksi dan membutuhkan pemasaran, Bupati menyediakan BUMD Puspahastama untuk menyerap dan mencukupi kebutuhan pupuk organik di Purbalingga.

“Termasuk Dinas Pertanian juga kebetulan ada bantuan pupuk organik gratis yang kita serap dari produsen lokal, ini gunanya untuk mengedukasi para petani agar mulai menggunakan pupuk organik sebab saat ini masih banyak ketergantungan dengan pupuk kimia,” bebernya.


Editor: Redaksi

Terkait

Komentar

Terkini