Tips Aman Menjaga Jarak Berkendara

Tips Aman Menjaga Jarak Berkendara

NYALANUSANTARA, Semarang- Bikers perlu tahu menjaga jarak aman saat mengendarai atau mengemudi. Hal ini merupakan faktor krusial dalam menciptakan keamanan di jalan raya, baik bagi pengendara itu sendiri, penumpang, maupun pengguna jalan lainnya.

Mengapa begitu penting menjaga jarak aman? Pertama adalah ketika kendaraan di depan tiba-tiba mengerem, dibutuhkan waktu untuk bereaksi dan melakukan tindakan pengereman. Waktu bereaksi adalah durasi yang dibutuhkan dari melihat situasi bahaya sampai dengan otot mulai bekerja untuk melakukan pengereman. Tindakan pengereman membutuhkan waktu dari kendaraan memiliki kecepatan sampai dengan berhenti sempurna 0 Km/jam. Menjaga jarak aman berarti bikers menyediakan waktu yang cukup untuk merespons situasi tadi dan berhenti sebelum tabrakan.

Kedua, jika dijalan basah atau licin, jarak pengereman menjadi lebih panjang. Menjaga jarak aman membantu Bikers menghindari tergelincir ke kendaraan di depan, terutama saat menikung atau menanjak.

Ketiga, Mengemudi di jalan raya penuh dengan situasi yang tidak terduga. Menjaga jarak aman memberi Bikers waktu ekstra untuk mengamati situasi di sekitar dan mengantisipasi potensi bahaya.

Tahun 2018 melalui halaman FaceBook Kementerian Perhubungan RI mensosialisasikan jarak aman dan jarak minimal untuk kendaraan yang umumnya sebagai berikut:

- Kecepatan 30 km/jam – Jarak minimal 15 meter – Jarak aman 30 meter

- Kecepatan 40 km/jam – Jarak minimal 20 meter – Jarak aman 40 meter


Editor: Redaksi

Terkait

Komentar

Terkini