Pemerintah Kabupaten Demak Tingkatkan Dukungan untuk Pengembangan UMKM

Pemerintah Kabupaten Demak Tingkatkan Dukungan untuk Pengembangan UMKM

NYALANUSANTARA, Demak – Pemerintah Kabupaten Demak menunjukkan komitmen kuat dalam mendukung perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Berbagai program bantuan, pelatihan, dan fasilitas terus diperkuat untuk memastikan pertumbuhan UMKM yang berkelanjutan.

Bupati Demak Eisti’anah menegaskan pentingnya peran UMKM dalam perekonomian daerah. "UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam perkonomian daerah. Tidak hanya sebagai tulang punggung perekonomian saja, UMKM juga sebagai sumber lapangan kerja yang signifikan dan penggerak utama dalam menciptakan inovasi serta kreativitas lokal," ujarnya saat mengunjungi Forum UMKM di Kecamatan Dempet, Kamis (04/07/24).

Pemerintah Kabupaten Demak juga terus memberikan pendampingan kepada UMKM dalam pengurusan izin legalitas usaha, termasuk Nomor Induk Berusaha (NIB), sertifikat izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), dan sertifikat halal.

"Banyak sekali program kita yang memang untuk memfokuskan membantu pemberdayaan masyarakat khususnya para UMKM. Membantu perizinan seperti PIRT, kemudian label halalnya, BPOM-nya, kemudian dalam hal pelatihan, permodalan, dan pemasaran," jelas Eisti.

Selain itu, Pemkab Demak rutin menggelar forum triwulanan yang dihadiri oleh ratusan pegiat UMKM dari seluruh Kabupaten Demak.

Pertemuan ini bertujuan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan antar pelaku UMKM agar mereka bisa bangkit bersama.

Dalam forum tersebut, Bupati Eisti’anah juga menyalurkan berbagai bantuan berupa mesin oven, vacuum cleaner, perajang singkong, continuous sealer, penggiling kedelai, dan pemotong kerupuk.


Editor: Admin

Terkait

Komentar

Terkini