Bappelitbangda Demak Gelar Rakor Penyelesaian Pengisian Data Webmon untuk Pencegahan Stunting

Bappelitbangda Demak Gelar Rakor Penyelesaian Pengisian Data Webmon untuk Pencegahan Stunting

NYALANUSANTARA, Demak – Bappelitbangda bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait mengadakan rapat koordinasi (rakor) untuk penyelesaian pengisian data aksi di aplikasi Webmon. Rakor ini berlangsung di ruang Pemsosbud Bappelitbangda Kabupaten Demak pada hari Jumat (05/07/2024).

Kepala Bidang Pemerintahan Sosial Budaya Bappelitbangda, Ari Wibowo, menyampaikan harapannya kepada OPD terkait untuk dapat menyelesaikan pengisian Webmon hingga aksi keempat paling lambat tanggal 15 Juli 2024.

Ari menekankan pentingnya pengisian data aksi konvergensi, karena tanpa data yang lengkap, intensif fiskal tidak dapat diharapkan. Pengisian data ini juga merupakan langkah awal dalam menetapkan sasaran stunting.

Menanggapi rembuk stunting yang telah dilaksanakan oleh Provinsi Jawa Tengah pada awal Juli 2024, Ari menjelaskan bahwa fokus penanganan stunting telah bergeser ke arah pencegahan kasus baru dan mencapai zero penambahan kasus stunting.

"Jawa Tengah memiliki target tiap tahun untuk mampu mencegah 39.500 anak atau balita dari stunting. Kami akan fokus pada permasalahan gizi yang berpotensi, seperti anak dengan gizi buruk, berat badan kurang, dan diare. Mereka inilah yang akan menjadi sasaran utama dalam upaya penurunan stunting, bukan anak yang sudah ditemukan pendek kemudian diintervensi dengan Pemberian Makanan Tambahan (PMT)," tutup Ari.


Editor: Admin

Terkait

Komentar

Terkini